Tak Perlu Khawatir Lagi! Berikut 5 Cara Mengobati Kanker Mata!

Sumber: Alodokter.com

Penyakit kanker sudah banyak bermunculan di era sekarang. Salah satunya adalah kanker mata. Kanker mata merupakan sel kanker yang bersarang pada jaringan mata. Kasus pada kanker mata jarang terjadi. Namun, dapat memengaruhi wanita dan pria dalam jumlah yang sama.

Dilansir dari halaman hellosehat, kanker mata memiliki beberapa gejala, seperti penglihatan menjadi kabur, kehilangan sebagian atau seluruh penglihatan, terjadi pembengkakan pada mata, dan melihat kilatan cahaya, bayangan, bercak, atau garis bengkok. Selain itu ada juga penderita yang mengalami gejala melihat benda seperti beterbangan, bintik-bintik, atau garis-garis. 

Ada 4 jenis kanker mata yang bisa ditemukan dilansir dari halaman alodokter dan halodoc. Berikut penjelasannya!

  1. Melanoma Intraokular

Kanker mata jenis ini merupakan kanker yang paling umum tapi masih terbilang langka. Sel kanker ini berkembang pada bola mata orang dewasa. Ketika melanoma berkembang dari sel pigmen, maka disebut melanosit. Biasanya menyerang bagian uvea. Melanoma intraokular terdeteksi di iris dan merupakan kanker yang penyebarannya melambat dan jarang menyebar ke organ lain.

  1. Limfoma Intraokular

Kanker jenis ini menyerang pada kelenjar getah bening dalam mata di mana dimulai dari sel darah putih yang disebut limfosit. Kanker jenis ini termasuk dalam golongan limfoma non-hodgkin. Penderita ini biasanya memiliki permasalahan pada sistem imun. 

  1. Retinoblastoma

Kanker ini dimulai pada bagian retina di mana retina merupakan lapisan yang paling sensitif pada bagian mata. Kanker ini biasanya cenderung menyerang anak-anak dan bisa menyerang kedua mata sekaligus. Apabila terjadi pada kedua mata, maka kanker jenis ini bisa terdeteksi sebelum usia satu tahun. Sel kanker ini termasuk berbahaya karena bisa menyebar ke area lain, seperti otak dan sumsum tulang belakang. 

  1. Medulloepithelioma Intraokular

Kanker jenis ini terbilang langka dibandingkan jenis lainnya. Kanker ini menyerang bagian silia dan bersifat ganas tapi jarang menyebar ke arah luar mata. Kanker ini menyebabkan sakit mata dan mengakibatkan hilangnya penglihatan. 

Adapun cara mengobati kanker mata dengan beberapa cara di bawah ini. Berikut ulasannya!

  1. Pembedahan

Biasanya pembedahan digunakan untuk mengobati kanker jenis melanoma intraokular. Pembedahan dilakukan berdasarkan lokasi dan ukuran sel kanker. Ada beberapa jenis pembedahan yang bisa dilakukan.

  • Iridektomi di mana pembedahan dilakukan dengan mengangkat bagian iris mata untuk mengobati melanoma berukuran kecil.
  • Iridosikletomi di mana mengangkat bagian iris mata beserta sebagian badan siliaris.
  • Iridotrabulektomi di mana mengangkat bagian iris mata beserta sedikit bagian luar bola mata.
  • Enukleasi di mana mengangkat seluruh bola mata dan diganti dengan bola mata palsu. Ini dilakukan jika kanker sudah berukuran besar dan kehilangan penglihatan secara keseluruhan.
  • Reseksi Transkleral di mana mengangkat sel kanker yang ada pada koroid.
  1. Terapi Laser

Melakukan terapi laser bertujuan untuk menghancurkan sel kanker menggunakan sinar laser. Terapi ini dilakukan kepada penderita dengan jenis kanker melanoma intraokular dan retinoblastoma.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi dilakukan dengan menggunakan obat-obatan kimia dan dilakukan kepada penderita retinoblastoma dan limfoma intraokular. Bisa disuntikkan langsung ke area mata, diberikan melalui aliran darah, atau ke dalam cairan serebrospinal. 

  1. Cryotheraphy

Metode ini dilakukan dengan membekukan sel kanker. Metode ini diberikan kepada penderita retinoblastoma

  1. Radioterapi

Metode ini dilakukan dengan menembakkan sinar-X berenergi tinggi pada sel kanker. Risiko kehilangan penglihatan atau kerusakan bola mata dapat dikurangi jika menggunakan metode ini. Ada dua jenis radioterapi.

  • Brakiterapi di mana dengan memasukkan pelat radioaktif ukuran kecil di area mata yang dekat dengan sel kanker. Metode ini digunakan untuk penderita melanoma dan retinoblastoma.
  • Radioterapi Eksternal di mana menembakkan sinar-X dari luar tubuh dan difokuskan pada mata. Biasanya dilakukan pada penderita retinoblastoma dan limfoma intraokular

Nah, itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kanker mata. Yuk, jaga kesehatan mata agar terbebas dari kanker.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>